Misc

dimanche 19 septembre 2010

John Rabe



Kisah nyata John Rabe, seorang Jerman dan anggota Nazi, yang tinggal di Nanking dan menjadi ketua (chairman) International Committee for Nanking Safety Zone yang diperuntukkan bagi pengungsi perang China-Jepang sebelum Perang Dunia ke-2.
Seperti diketahui, Jepang mulai menyerang China kembali secara besar-besaran pada tahun 1937 dimulai dari Shanghai dan kemudian menjalar ke Nanking. Kekejaman yang dilakukan Pasukan Jepang tidak terbatas pada pasukan militer China namun juga terhadap rakyat sipilnya, dengan melakukan pembunuhan, pemerkosaan, penjarahan dll yang mengakibatkan ratusan ribu orang China terbunuh dan kerusakan fisik yang tiada terkira. Insiden ini terkenal dengan nama "Nanking Massacre" atau "Rape of Nanking". Info tambahan ada di Wikipedia (John Rabe dan Nanking Massacre).

John Rabe memilih tinggal di Nanking bersama dengan orang2 Barat lain, diantaranya adalah Robert Wilson, dokter RS, dan Valérie Dupres, kepala sekolah International Girl College. Mereka kemudian memutuskan untuk mendirikan kawasan aman untuk para pengungsi karena concern terhadap keselamatan para penduduk setempat. Pihak Jepang mengakui adanya zona tsb asalkan tidak ada sama pasukan China yang bersembunyi di dalamnya. Tapi ancaman masih datang dari orang-orang Jepang 'garis keras' yang masih ingin mengobrak-abrik zona itu, diantaranya Pangeran Asaka yang masih kerabat dgn Kaisar Hirohito.

Secara umum, saya suka dengan sisi penggambaran film, terutama kawasan pabrik Siemes tempat Rabe bekerja, serta situasi perang dan detail visual tentara China & Jepang. Bagaimana kekejaman tentara Jepang terhadap penduduk China memang tidak terlalu diumbar, sudah cukup kita dibuat merinding ketika membaca referensi di Wikipedia. :(


JOHN RABE: 3,5/5
GAMBAR: 4/5
CERITA: 3,5/5
ACTION: 3/5
ACTING: 3,5/5

Note (from imdb.com):
A true-story account of a German businessman who saved more than 200,000 Chinese during the Nanjing massacre in 1937-38.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire