mardi 11 décembre 2007

Alatriste


Capitaine Alatriste

Viggo Mortensen


Setting di Spanyol abad pertengahan, Alatriste adalah seorang tentara Spanyol. Spanyol waktu itu seperti Amerika jaman sekarang, ikut campur dalam urusan dalam negeri di benua Eropa , termasuk saat Spanyol sebagai kerajaan Katolik berusaha memerangi kaum Protestan di daerah Belanda. Saya agak bingung juga mengikuti sejarah politik dan perang Eropa, tokh itu hanya sebagai latar belakang saja. Fokus film mengenai si Alatriste yang memenuhi janjinya kepada sohib sesama tentara yang gugur di medan perang, yaitu untuk membesarkan anak si sohib.

Saya lebih memusatkan perhatian pada adegan peperangan yang cukup unik, dan ini memang gaya perang abad ke-17. Para tentara masih menggunakan tombak panjang (pike) untuk peperangan jarak dekat, dengan kombinasi senapan jenis lama (musket?) dan meriam walaupun masih belum cukup akurat untuk melumpuhkan musuh. Untuk rujukan hal ini dapat dilihat di Wikipedia.org (pike dan tercio).

ALATRISTE: $$$
GAMBAR: $$$
CERITA: $$
ACTION: $$$$ (love the 17-century war scene!)

Note (from imdb.com):
Spain 17th century. Diego Alatriste, brave and heroic soldier, is fighting under his King's army in the Flandes region. His best mate, Balboa, falls in a trap and near to die ask to Diego, as his last desire, to looking after his son Inigo and grow him as a soldier. Alatriste has to come back to Madrid.

Aucun commentaire: