jeudi 20 septembre 2007

Bon Voyage


Very impressive...

Bon Voyage (artinya Selamat Jalan) adalah gabungan film drama dan komedi. Bintang-bintang ternama Prancis yang turut berperan adalah Isabelle Adjani, Gerard Depardieu, Yvan Attal, Virginie Ledoyen dll. at least, these actors/actresses' movies are well-known and also available in pirated DVD market.

Film ini ber-setting Perang Dunia ke-2, namun jalinan cerita yang penuh petualangan, komedi, romantika dan drama, membuat film ini sangat enak untuk ditonton dan membuat diriku (sangat-sangat) terpesona. Banyaknya pengenalan karakter baru di pertengahan film ditambah dgn bbrp subplot tidak membuat kita bingung, malah tambah asyik. Apalagi ada Ledoyen yang "mmmm" (yang juga main dalam film The Beach (2000) dgn si Leo Dicaprio), ditambah Isabelle Adjani yang terhitung sudah 'dewasa', tp tetep imut nan cantik. Saya pikir, selain running time-nya bisa di-extend sampai 3 jam (this one only runs roughly 2 hrs), dibikin sequel-nya pun OK! :D

Cerita berawal ketika Viviane (Adjani) meminta bantuan Frederic (Derangere) untuk menyembunyikan mayat yang ia bunuh. Mayat dibawanya ke dalam bagasi mobil, namun di jalan Frederic menabrak sesuatu, tutup bagasinya otomatis terbuka sehingga ketauan itu mayat disembunyiin di dalamnya. Frederic pun masuk penjara.

Ketika invasi Jerman semakin mendekati Paris, penduduk ibukota panik dan banyak yang mengungsi ke daerah Selatan, termasuk para sipir dan narapidana. Frederic dgn bantuan Raoul (Attal) akhirnya berhasil meloloskan diri dari penjara pada saat kekacauan tsb.

Dalam perjalanan di atas kereta api menuju Bordeaux, Frederic bertemu kembali dgn Raoul, kemudian bertemu jg dgn seorang Profesor/Ilmuwan yang sudah tua bersama asistennya Camille (Ledoyen) yg berencana melarikan diri ke Inggris untuk menyelamatkan cairan heavy water bahan pembuat bom atom (apa ya artinya dalam bhs Indonesia??) agar tidak jatuh ditangan orang Jerman.

Cerita beralih ke Bordeaux, tempat pemerintahan sementara Prancis. Di sini Viviane sudah jadi kekasih sang Menteri, Beaufort (Depardieu). Frederic yang msh kesengsem sama Viviane msh berusaha untuk merebut hatinya. Tapi dia tak pernah sadar bahwal Viviane seorang yang pintar memanfaatkan 'kelemahan' lelaki hehehe..Frederic juga berusaha membantu sang Profesor agar dapat ke Inggris secepatnya dengan meminta bantuan si Menteri, yang membawa kedekatan tersendiri dengan Viviane. So wanita mana yang akan dipilih Frederic...

Ini masih ditambah subplot lain, yaitu cerita si mata-mata Nazi yang mengejar-kejar cairan heavy water-nya sang Profesor. Wuiihhh.. pusing deh ngetiknya... :P
Nasib sang Profesor, Frederic, Camille, Vivianne dll.. silahkan ditonton sendiri. You'll not be disappointed! Promise!

Seperti nonton film lama, dgn setting, mobil, gaya pakaian tahun 40-an etc, film ini berhasil menghidupkan kembali suasana perang pada jaman itu secara realistis, termasuk adegan kemacetan kolosal yang ditimbulkan mobil2 yang hendak mengungsi.. (animasi kali ya, but it looks like real shot).

Overall, saya nilai film ini "almost perfect" dengan lima dollar dari maks 6. DVDB-nya mungkin ga terlalu bagus gambarnya , tapi teks cukup lengkap. Mau?

BON VOYAGE: $$$$$
GAMBAR: $$$$$
CERITA: $$$$$
KETAWA: $$$

1 commentaire:

Anonyme a dit…

Blogger: Film Eropah - Enregistrer un commentaire
sac longchamp