mercredi 15 décembre 2010

Le Petit Nicolas


Little Nicholas


Film Le Petit Nicolas diadaptasi dari komik Prancis dengan judul yang sama karangan René Goscinny (Asterix, Lucky Luke) yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1959. Dan dalam film ini cerita berkisah tentang sang tokoh utama si kecil Nicolas (dalam film ini diperankan oleh Maxim Godart) yang kira2 umurnya masih 7 tahun, yang berteman dengan gang sekelasnya dari berbagai kalangan dan karakter: Clotaire, Alceste, Geoffroy, Rufus, Alceste, Elude, etc, ada yang kaya, miskin, berani, suka makan, suka ngadu, paling malas dll..

Inti plot utama berawal dari teman satu kelasnya, Joachim, yang menceritakan tentang si adik yang baru lahir. Joachim tidak begitu menyukai sang adik, karena membuat perhatian orangtuanya menjadi berbeda. Hal ini menimbulkan rasa ketakutan Nicolas akan hal yang sama terjadi pada dirinya, sehingga ketika ia membaca gelagat yang aneh dari orangtuanya seperti yang dikatakan Joachim, Nicolas merancang membuat hal tsb tidak terjadi.


Berbagai kekonyolan karakter si Nicolas serta teman-temannya (terutama Clotaire si pemalas dan Agnan si pengadu) dalam mencapai tujuan memang terlihat jenaka. Tapi hal ini tidak membantu menguatkan plot utama karena idenya lebih pada menjelaskan kelucuan dari karakter-karakter teman-temannya satu gang tadi. Ditampilkan dalam berbagai subplot kecil, beberapa saya anggap kadang lucu, kadang terlalu dipaksakan, kadang bertele-tele, dan tidak terlalu nyambung dengan plot utama, atau mungkin idenya diambil dari buku komik aslinya (maaf, belum pernah baca).

Sebagian cerita disampaikan dalam narasi si Nicolas, jadi seakan-akan kita diperdengarkan pemikiran anak kecil dalam memandang sesuatu dari perspektif anak kecil juga, bukan dari kacamata orang dewasa. Saya suka di beberapa bagian film ini, seperti insiden ketika orang tua Nicolas mengundang boss-nya si Ayah makan malam di rumah, atau ketika si Menteri Pendidikan mengunjungi kelas Nicolas, sangat kocak :))

Dan jempol terakhir saya berikan untuk gubahan musiknya yang energik, penuh warna dan menyenangkan untuk didengar.


LE PETIT NICOLAS: 3/5
GAMBAR: 3,5/5
CERITA: 3/5
KETAWA: 3/5

Note (from imdb.com):
Nicolas has a happy existence, parents who love him, a great group of friends with whom he has great fun, and all he wants is that nothing to changes. However, one day, he overhears a conversation that leads him to believe that his life might change forever, his mother is pregnant!. He panics and envisions the worst.

Aucun commentaire: