dimanche 29 août 2010

Mesrine: L'instinct de Mort


Mesrine: Part 1 - Killer Instinct a.k.a. Public Enemy Number One (Part 1)


Gangster selalu membuat orang penasaran, filmnya pun membuat kita tertarik. Apalagi ini yang berdasarkan kisah nyata. Jacques Mesrine adalah kriminal kelas berat dari Prancis yang terlibat dalam banyak aksi perampokan bank, penculikan penculikan, serta pembunuhan (cek di Wikipedia) circa tahun 1960-an sampai dengan 1970-an.

Film rilisan tahun 2008 ini dibuat menjadi dua bagian, dan bagian pertama baru saya tonton di bioskop di Jakarta baru bulan Agustus 2010.
Kehidupan Mesrine (diperankan oleh Vincent Cassel) dalam film ini dimulai berawal dari ketika ia pulang dari Aljazair setelah bertugas memerangi gerakan kemerdekaan di sana. Secara flashback, digambarkan Mesrine mau tidak mau bersinggungan dengan kekerasan ketika menginterogasi pejuang Aljazair, yang pada akhirnya membentuk karakter dia sebagai kriminal.

Sempat bergelut di dunia hitam setelah berkenalan dengan gangster lain Guido (Gérard Depardieu), Mesrine sempat insyaf setelah menjalin cinta dengan seorang wanita Spanyol yang kemudian menjadi istrinya. Tetapi ia terpaksa kembali ke dunia kriminal karena di-PHK dari tempat kerjanya.

Setelah itu, perjalanan hidupnya selanjutnya diisi oleh berbagai kejahatan, termasuk penculikan seorang jutawan ketika ia tinggal di Kanada. Hebatnya, setelah tertangkap aparat di Amerika dan diekstradisi ke Prancis, Mesrine bisa berkelit dan melarikan diri dari penjara. Bahkan, Mesrine berupaya menyerang penjara dengan senjata demi memenuhi janjinya untuk membebaskan teman2nya sesama napi yang menolongnya lolos.

Dari sisi cerita, penonton harus banyak menelan kehidupan Mesrine dengan tempo yang cepat, dan kadang tidak ada waktu untuk mencerna semuanya, atau skenario disesuaikan dengan buku autobiografi Mesrine yang ditulisnya sendiri. Setidaknya, cerita tidak melompat-lompat, semua sesuai dengan sequence yang ada. Di sisi lain, penonton bisa memahami (dan mengagumi) karakter Mesrine yang keras dan bengis, yang cocok diperankan oleh Cassel.

Adegan kekerasan bertebaran dimana-mana, kadang harus menahan mual, tapi ini yang menjadi kekuatan film Mesrine--terlihat realistis. Yang juga menjadi nilai plus adalah visualisasi kehidupan tahun '60/70-an, seakan-akan film ini dibuat pada jamannya. Nah tinggal ditunggu kelanjutannya, walaupun kita tahu bagaimana nasib akhir si Mesrine (abis udh baca Wikipedia sih)..


MESRINE: L'INSTINCT DE MORT: 4/5
GAMBAR: 4/5
CERITA: 3,5/5
ACTION: 4/5 (violent)

Note (from imdb.com): Mesrine: Killer Instinct -- the first of two parts -- charts the outlaw odyssey of Jacques Mesrine (Vincent Cassel), the legendary French gangster of the 1960s and 1970s who came to be known as French Public Enemy No. 1 and The Man of a Thousand Faces. Infamous for his bravado and outrageously daring prison escapes, Mesrine carried out numerous robberies, kidnappings and murders in a criminal career that spanned continents until he was shot dead in 1979 by France's notorious anti-gang unit. Thirty years after his death, his infamy lives on. Mesrine was helped along the way by beautiful and equally reckless Jeanne Schneider (Cécile de France), a Bonnie to match his Clyde. Mesrine made up his own epic, between romanticism and cruelty, flamboyance and tragedy. Written by Music Box Films

Aucun commentaire: