vendredi 18 mars 2011

Des Hommes et des Dieux


Of Gods and Men


Film ini berdasarkan kisah nyata para rahib Trappist (berkewarganegaraan Prancis) yang menetap di monastery Tibhirine di pegunungan Atlas, Aljazair, sebelum akhirnya mereka diculik oleh kelompok pemberontak Groupe Islamique Armé (GIA) untuk dijadikan sandera pada tahun 1996. Dalam film, digambarkan kegiatan rutin para rahib dalam berdoa dan bekerja, serta interaksi dengan masyarakat sekitar yang beragama Islam. Di tengah-tengah ancaman konflik bersenjata, para rahib awalnya tidak satu suara ketika menentukan apakah harus tinggal atau pindah dari monastery.

Kaum pemberontak pernah mendatangi monastery utk meminta bantuan medis atas anggotanya yang tertembak. Sedangkan pihak pemerintah meminta (dengan sedikit paksaan) mereka untuk pindah karena keselamatan mereka tidak terjamin. Keputusan bulat para rahib untuk tetap tinggal berakhir tragis, 7 rahib diculik pada tanggal 27 Maret 1996, dan hanya 2 rahib yang lolos dari penculikan tsb. Tanggal 21 Mei 1996 tentara pemerintah menemukan hanya kepala mereka yang terpancung, sedangkan jasadnya tidak pernah ditemukan.


Setelah menonton film ini, ada dua hal yang membuat saya tertarik. Pertama adalah dengan rahib/biarawan/monk 'Trappist'. Dari referensi Wikipedia, Trappist adalah nama umum dari Ordo Cisterciensis Strictoris Observantiae, suatu religious order Katolik Roma yang mendedikasikan hidup untuk agama (monastic life) yang mengikuti aturan St. Benedict (St Benedict's Rule), yang pada awalnya dipelopori oleh biara/monastery di La Trappe Abbey (baca tentang Trappist dan Order Katolik).

Kedua adalah konflik bersenjata antara pemerintah Aljazair dan oposisi beraliran Islam (baca di sini) setelah pemilihan umum tahun 1991 dibatalkan oleh pemerintah--karena partai Islam FIS memenangi pemilu tahap pertama. Konflik ini menjadi semakin ganas setelah terjadi pembunuhan massal/massacre kaum sipil di berbagai tempat sekitar tahun 1996-1997 dan tidak diketahui siapa dalang di balik peristiwa ini.


DES HOMMES ET DES DIEUX: 3/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 3,5/5
ACTING: 3/5

Note (from imdb.com):
Under threat by fundamentalist terrorists, a group of Trappist monks stationed with an impoverished Algerian community must decide whether to leave or stay.

Aucun commentaire: