lundi 4 octobre 2010

Micmacs à Tire-Larigot


Micmacs


Dany Boon dikenal sebagai aktor komedi. Di film ia berperan sebagai Bazil yang keliatannya lugu dan idiot. Cerita berawal dari Bazil yang menjadi yatim karena ayahnya, seorang penjinak ranjau, tewas karena gagal menonaktifkan ranjau. Ketika dewasa, Bazil yang menjadi penjaga rental video tanpa sengaja terkena peluru nyasar. Peluru tsb hinggap terus di dalam otaknya karena apabila dikeluarkan pun akan mengancam hidupnya. Dokter juga bilang bahwa sewaktu-waktu nyawanya bisa melayang.


Dalam keadaan naas ini, beruntung Bazil bertemu dengan Placard yang mengenalkan pada sekumpulan orang yang hidup di area tempat rongsokan. Masing-masing karakter punya keahlian yg unik. Mereka membuat barang-barang bekas menjadi barang yang bisa dijual. Ketika beroperasi mengais-ais rongsokan, tanpa sengaja Bazil menemukan pabrik amunisi/senjata yang menyebabkan ayahnya tewas serta membuat pahit hidupnya. Dari sini mulailah Bazil membuat rencana balas dendam untuk menghancurkan mereka..

Saya pikir tampilannya memang cukup jenaka (tp mungkin gak terlalu pas untuk konsumsi anak2). Dari segi cerita memang terlalu simpel, sehingga sutradara Jean-Pierre Jeunet yang terkenal dengan film "Le Fabuleux Destin de Amélie Poulain" dan "Un Long Dimanche de Fiançailles" lebih menekankan pada visualisasi dan animasi komputer, sesuai dengan gayanya dalam mengarahkan film. Memang tidak banyak dialog yang memancing tawa. Bukannya tidak lucu sih, hanya saya berharap lebih dari segi cerita saja :)

MICMACS À TIRE-LARIGOT: 3/5
GAMBAR: 3,5/5
CERITA: 2,5/5
KETAWA: 2,5/5 (not too funny)

Note (from imdb.com):
A man and his friends come up with an intricate and original plan to destroy two big weapons manufacturers.

1 commentaire:

Anonyme a dit…

Hey, I am checking this blog using the phone and this appears to be kind of odd. Thought you'd wish to know. This is a great write-up nevertheless, did not mess that up.

- David