jeudi 7 avril 2011

L'Illusioniste


The Illusionist


Film ini berkisah tentang seorang pesulap, Jacques, yang karena kehilangan order manggungnya, harus merantau dari Prancis ke pulau Britania/Inggris. Gagal di London, ia menerima tawaran untuk main di tanah Ecossé--alias Skotlandia gitu--tepatnya di suatu pulau nun jauh di sana (orang bilang sih Hebrides Islands).

Di tempat itu, ia bertemu dengan seorang gadis desa bernama Alice, yang akhirnya mengikutinya ketika Jacques harus merantau mencari orderan baru. Jacques memilih Edinburg, ibukota Skotlandia, sebagai tempat sementara dan mendapat job untuk manggung di suatu music hall. Bersaing dengan 'the Britoons', suatu grup musik rock yang lagi 'happening', menyiratkan bahwa profesinya sebagai pesulap sudah bukan jamannya lagi. Di sisi lain, Alice yang mengenal kehidupan kota mulai sedikit manja dan banyak meminta hal-hal yang ingin dipunyai. Jacques pun berusaha keras memenuhinya dengan mencoba mencari pekerjaan sampingan. Memang hasilnya bencana. Dan ketika sudah saatnya Jacques harus berkelana lagi, ia merelakan profesinya dan meninggalkan Edinburg entah kemana, sementara Alice sudah berada di pelukan laki-laki lain.


Agak surprise memang setelah menonton film ini (garapan Slyvain Chomet) ini ternyata tidak banyak menampilkan dialog. Dari apa yang saya baca, film animasi ini diadaptasi dari skenario awal Jacques Tati, seorang aktor & sutradara Prancis era 1950-60'an, di mana film-filmnya juga tidak banyak menonjolkan dialog (apakah karena dia seorang seniman pantomim?). Gambaran aktornya pun, selain dari nama, juga didasarkan pada sosok asli Jacques Tati.

Ada hal yang tidak saya sadari bahwa ketika Alice meminta ini dan itu, kemudian Jacques selalu memenuhi, yang mana tidak ada ada ucapan terima kasih dari Alice. Namun begitupun Jacques tidak pernah segan atau berhenti untuk memberi, suatu tanda bahwa kasih sayang seorang ayah kepada anaknya adalah hal yang tulus. Pesan yang indah sesungguhnya, dan oleh Jacques Tati ditujukan kepada anak kandungnya dari kekasihnya orang Austria yang tidak pernah diakuinya.


L'ILLUSTIONISTE: 3/5
GAMBAR: 3,5/5
CERITA: 3/5

Note (from imdb.com):
Details the story of a dying breed of stage entertainer whose thunder is being stolen by emerging rock stars. Forced to accept increasingly obscure assignments in fringe theaters, garden parties and bars, he meets a young fan who changes his life forever.

Aucun commentaire: