jeudi 28 avril 2011

Partir


Leaving


Hmmmpph...lagi-lagi 'love, lust and betrayal'. Suzanne (Kristin Scott Thomas) punya rencana untuk membuka praktek fisioterapi di rumahnya, dan dengan dukungan suaminya Samuel (Yvan Attal), direnovasilah sebagian rumahnya untuk tempat praktek. Suatu ketika, karena kesilapan Suzanne, seorang pekerja bangunan dalam renovasi itu, Ivan (Sergi López), mendapatkan kecelakaan dan untuk membalas rasa bersalahnya, Suzanne mengantar Ivan ke Spanyol untuk bertemu anaknya. Dalam perjalanan tersebut, entah bagaimana, siapa yang memulai atau setan apa yang meracuni, timbullah 'sedikit' affair! (ya sedikit loh). Suzanne sudah berusaha melupakan hal itu, dan sempat berkata jujur terhadap Samuel, yang membuat Samuel marah dan kecewa. Tetapi semakin jauh, nafsunya semakin tidak tertahankan! Nah, Suzanne pun akhirnya meninggalkan Samuel dan kedua anak2nya demi Ivan.

Samuel tentu tidak tinggal diam. Dengan tujuan membuat Suzanne kembali, sumber finansial Suzanne dipotong, dan dengan pengaruh yang dipunyai, Ivan ditendang dari pekerjaannya. Alhasil pasangan ini harus banting tulang untuk menghidupi diri sendiri. Hasilnya memang tidak cukup sehingga Suzanne berpikiran untuk mendapatkan barang-barang berharga dari rumahnya sendiri untuk dijual. Sialnya, Ivan yang menjadi korbannya dan ditangkap polisi. Samuel akhirnya menawarkan apabila Suzanne kembali kepadanya, Ivan akan dilepaskan. Tanpa pilihan lain, Suzanne pun kembali kepada Samuel, namun tidak lama.....

Ending-nya memang sedikit mengejutkan dan cerita-cerita seperti ini yang kadang bagi nalar kita (baca: saya) agak sulit diterima. Sebetulnya apa yang membuat si Suzanne begitu cintanya kepada Ivan sehingga rela mengorbankan perkawinannya sendiri? Dan parahnya, seolah tendensinya Suzanne menjadi pihak yang tertindas karena ulah suaminya yang tidak rela kehidupan keluarganya hancur. We have to accept the fact, it's not a novel idea anymore that a wife might leave her own husband for many years for a guy she just (accidentally) met..khususnya dalam cerita film. Mungkin karena saya laki-laki, cerita film ini dirasa aneh. Oh ya, Kristin Scott Thomas juga berakting dalam peran yang lebih kurang sama dalam film The English Patient.


PARTIR: 2,5/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 2,5/5
ACTING: 2,5/5
A/C: x (make love scene)

Note (from imdb.com):
Suzanne is a well to do married woman and mother in the south of France. Her idle bourgeois lifestyle gets her down and she decides to go back to work as a physiotherapist. Her husband agrees to fix up a consulting room for her in their backyard. When Suzanne and the man hired to do the building meet, the mutual attraction is sudden and violent. Suzanne decides to give up everything and live this all engulfing passion to the fullest.

Aucun commentaire: