vendredi 5 août 2011

De Vrais Mensonges


Beautiful Lies


Kisah romantika yang tidak biasa, De Vrais Mensonges (of true lies?) menampilkan Audrey Tautou sebagai Émelie, pemilik salon rias rambut, yang sedang menghadapi permasalahan yang menimpa keluarganya. Ayahnya Marc sudah meninggalkan ibunya Maddy (Nathalie Baye) demi seorang gadis umur 20-an, dan berencana menuntut cerai. Émelie tidak ingin membuat Maddy larut dalam kesedihan sehingga meminta ayahnya untuk menunda perceraian sampai dengan Maddy siap menghadapi kenyataan.

Demi menceriakan sang ibu, Émelie mencoba mengirimkan surat cinta anonim kepada Maddy seolah-olah masih ada orang yang tertarik padanya. Faktanya Émelie mencontek abis isi dari surat cinta yang pernah dikirimkan kepadanya, juga secara anonim. Ternyata si secret admirer pengirim surat anonim tsb adalah Jean (Sami Bouajila), seorang tukang yang bekerja di salon Émelie, yang benar-benar mengaguminya.

Misi Émelie berhasil, dan Maddy kemudian berubah menjadi wanita periang. Mengharap-harap surat cinta lanjutan yang tak kunjung datang, Maddy kembali menjadi pesimis. Sehingga mau tak mau Émelie terpaksa menulis lagi untuk meyakinkan sang ibu bahwa someone's really for her out there. Hanya suratnya tidak seindah seperti yang Jean tuliskan. Tanpa sengaja karena suatu insiden kecil Maddy menganggap Jean lah yang menulis surat anonim itu sehingga Émelie takut sandiwaranya terbongkar. Ia pun mencoba memohon Jean berakting demi tetap menyenangkan hati Maddy. Terjadilah tarik-menarik kepentingan antara Émelie dan Jean, dimana Émelie selalu mengusahakan yang terbaik bagi ibunya, dan Jean ingin lepas dari stress, gara-gara terhimpit di antara dua wanita ini :) You'll keep guessing how he can get out from the situation until you reach the finish line, and as expected, it will be happy-ending.


Sesungguhnya dengan sangat mudah kita bisa menebak bagaimana akhir cerita sejak dari menit-menit pertama, tetapi alur skenario sepertinya sengaja dibuat berputar-putar dulu untuk menunjukkan lika-liku perjuangan cinta Jean. Sebagai komedi yang ringan, yang mungkin tidak akan membuat anda tertawa terbahak-bahak, saya mengacungkan jempol untuk originalitas cerita, serta penampilan mantap dari para aktor utama. Tautou walaupun sudah tidak muda, masih menyisakan 'charm' dengan kepiawaianya memainkan ekspresi wajah, pas untuk peran Émelie yang impulsif dan eksplosif, beradu dengan Bouajila sebagai Jean yang kalem. Cerita cinta segitiga yang nyeleneh, melibatkan ibu dan anak seperti ini mungkin tidak menjadi selera orang kebanyakan. Bukan selera saya juga sih sebenarnya. Namun setidaknya sebagai film komedi ringan, cukup bisa membuat orang tidak cepat bosan dan tersenyum dari dialog-dialognya yang cerdas. Itulah keberhasilan yang diharapkan oleh sang sutradara (selain profit tentunya hehehe..)

SPOILER. Notable scenes which make me burst into laughter include when Jean speaks to (yells to be exact) customers in Chinese language and subsequent revelations of his educational/work background to Émelie, and when Émelie comes to Jean's place one late night to ask for a favor (a tough task: going out on a date with her mom). So hillarious :D


DE VRAIS MENSONGES: 3/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 3/5
KETAWA: 2,5/5 (a few actually)

Note (from flixster.com)
An anonymous love letter leads to a slew of misunderstandings in this lighthearted comedy starring Audrey Tautou (Émilie). When Émilie opens a heartfelt love letter from a secret admirer, her first instinct is to throw it in the trash. The skeptical salon owner has a change of heart, however, when she realizes what such a sentiment would mean to her lonely, despondent mother Maddy (Nathalie Baye). On a whim, Émilie forwards the letter, and goes on with her day. But later, when Maddy happens across Jean (Sami Bouajila) - a smitten Arab handyman and the original author of the amorous note - the mother and daughter find themselves in a heated competition for the same man. ~ Jason Buchanan, Rovi

Aucun commentaire: