vendredi 3 juin 2011

Les Petits Mouchoirs


Little White Lies


Setelah sekian lama saya baru menemukan lagi cerita drama yang berkarakter dan menyentuh hati seperti film ini. Guillaume Canet, sang penulis skenario film thriller Ne Le Dis A Personne, berada di kursi sutradara sekaligus penulis cerita.

Cerita berawal dari Ludo (Jean Dujardin) yang berpesta sampai pagi di suatu club. Angle kamera tak lepas mengikutinya sampai ia keluar menaiki skuternya dan tiba-tiba ia terlibat kecelakaan (you'll be surprised, it looked so real!!). Para sohibnya rame-rame menjenguknya dan baru kita tahu bahwa mereka berencana berlibur bersama dan merundingkan apakah rencana libur harus diteruskan atau tidak. Dari sinilah personaliti satu per satu sahabat Ludo dibeberkan.


Max (François Cluzet) adalah pemilik restoran yang yang kaya, dan punya rumah peristirahatan di dekat kota Bordeaux yang menjadi tempat liburan tahunan rutin untuk para sahabatnya. Vincent (Benoit Magimel) seorang dokter fisioterapi, yang bersahabat dengannya selama 15 tahun, tanpa disangka mengungkapkan isi hati 'terdalam' pada Max yang membuat hubungan akrab menjadi merenggang walaupun Vincent menarik kata-katanya lagi. Masing-masing sudah punya istri dan anak, Max dengan Véronique (Valérie Bonneton), Vincent dengan Isabelle (Pascalle Arbillot).

Marie (Marion Cotillard yg eksotis) adalah wanita yang suka bergonta-ganti pasangan di ranjang. Adapun Éric (Gilles Lellouche) orang yang usil dan womaniser. Éric selalu memanfaatkan 'bantuan' Marie (haha..) untuk lepas dari situasi di mana jika ia ada janji kencan buta dengan wanita yang tak disukainya, padahal ia sudah punya kekasih cantik bernama Léa (Louise Monot). Dia dekat/berkarib dengan Antoine (Laurent Lafitte), yang terobsesi dengan gadis bernama Juliette, dan topik pembicaraannya yang membuat teman2nya bosan karena tak jauh-jauh dari si Juliette.

SPOILER ALERT. Mereka memutuskan untuk tetap melanjutkan rencana liburan. Sesampainya di sana, timbul masalah-masalah baru. Max menjadi gampang marah, mungkin canggung karena keberadaan Vincent. Istrinya Véro menjadi heran atas perubahan sikapnya. Vincent pun tak tahu apa yang harus dilakukan karena tidak ingin menambah situasi menjadi runyam. Istrinya Isa ternyata lama tak mendapat 'kasih-sayang' dari suami, beralih ke online virtual sexgame (?). Léa tak jadi bergabung dalam liburan, dan memutuskan hubungan dengan Éric, yang mencoba menutup-nutupi absennya Léa. Antoine tetap tidak berhenti membicarakan tentang Juliette. Sedangkan Marie mengiyakan seorang temannya, Franck, untuk menemuinya dalam liburan, alih-alih malah dicuekin abis. Sepertinya ia masih sayang dengan Ludo, yang pernah menjadi pacarnya.

Sampai pada saat Jean-Louis, teman lama yang tinggal sana, harus berterus terang bahwa mereka selalu membohongi diri sendiri: every single of you buy into each other's lies. Tak sadar bahwa dengan enak-enak menghabiskan waktu berlibur, Ludo yang ada di rumah sakit telah menghembuskan nafas terakhir.

Yang saya suka dari film ini adalah adegan mengalir seperti kita biasa melihat kehidupan orang lain, dengan aktor aktris berakting cukup natural tanpa dibuat-buat. Letak kekuatan yang perlu diacungi dua jempol adalah jalinan cerita yang simpel dan tidak artifisial, sehingga membuat kita bisa merefleksikan diri jika hal ini terjadi pada diri kita. Walaupun dengan segitu banyak karakter, tempo tidak terlalu dibuat buru-buru untuk mengenalkan masing-masing karakter, terbantu dengan durasi film selama 2 jam lebih. Yang menonjol memang akting Cluzet, dan sayang peran yang dimainkan Cotillard kurang begitu kuat. Dibilang sebagai komedi, tapi tak banyak membuat tertawa, lebih banyak senyuman. kecuali satu adegan dimana kata 'faggot' oleh Max dirujuk ke Vincent (hahaha..). Okelah, terlalu panjang artikel ini saya tulis. Tapi pastinya film ini saya rekomendasikan terutama pada para penggemar film drama.

So much for the drama, it's a mind-blowing story of friendship torn between sincerity and lies. This tattered acquaintance is regrettably fixed up by the tragic loss of their very best friend.


LES PETITS MOUCHOIRS: 4,5/5
GAMBAR: 4/5
CERITA: 4,5/5 (Genius Monsieur Canet)
ACTING: 4/5

Note (from imdb.com):
Every year, Max, a successful restaurant owner, and Véro, his eco-friendly wife invite a merry group of friends to their beautiful beach house to celebrate Antoine's birthday and kick-start the vacation. But, this year, before they all leave Paris, their buddy Ludo is hurt in a serious accident, which sets off a dramatic chain of reactions and emotional responses. The eagerly anticipated vacation leads each of the protagonists to raise the little veils that for years they have draped over what bothers and upsets them. Pretenses become increasingly hard to keep up. Until the moment when the truth finally catches up with them all... Written by The Film Catalogue

Aucun commentaire: