mercredi 1 juin 2011

Coursier


Paris Express


Komedian Michaël Youn tampil menjadi Sam, atau nama lengkapnya Samuel Skjqurilngskwicz (ga tau gmn bacanya, copy-paste ajah!), tukang antar barang/kurir di perusahaan Pli Express yang punya moto Zero Stress. Bossnya yang pelit dan demanding cukup membuatnya kesal, ditambah bonus yang hilang dan persaingan dengan The Ice, teman sekerjanya. Yang tambah bikin pusing kepalanya adalah tuntutan kekasihnya, Nadia (Géraldine Nakache), yang macam-macam, termasuk dalam persiapan menghadiri pesta pernikahan kakak Nadia yang mana Sam rencananya akan diperkenalkan pertama kali pada orang tua Nadia.


Pada saat yang bersamaan, Sam diminta bossnya untuk mengantar pesanan khusus mendadak dengan upah 100 euro. Dengan segera Sam bergerak dengan skuternya. Di sana, ia diminta mengantar barang oleh Mr. Steve Loki, yang sedang dikejar-kejar oleh dua orang tak dikenal. Sekumpulan gang mafia beringas dengan nama "La Sphere" yang dikomandoi oleh Iris (Natalia Dontcheva) ternyata juga mengincar barang yang dibawa Sam. Jadilah kejar-kejaran yang kacau di jalanan kota Paris, yang akhirnya melibatkan Nadia, si bossnya Sam, The Ice, ditambah satu lagi Louise (the busty Catalina Denis..uww) selain Mr Loki dan dua pengejarnya. Tidak melulu kejar-kejaran sih, masih banyak adegan lain yang juga melibatkan ayah Sam, Maurice, yang bertugas di kepolisian, dan dua teman Sam yang nggak kalah rusak yaitu Rico dan Toff. Tapi dengan mengandalkan kecerdikannya, si Sam selalu bisa menghindar dari tekanan dan akhirnya membongkar apa yang sebetulnya diperebutkan oleh pihak2 yang bertikai.

Beneran deh! Ini film sumpah kacau banget.. Dengan plot yang sederhana, sebetulnya lebih mudah penonton dibawa menuju ke akhir cerita. Tapi banyak adegan sub-plot dan peran yang dipaksakan untuk masuk, sehingga terkesan berantakan dan tidak cukup membantu pengembangan karakter pemeran utama, dari isi maupun interaksi dengan yang lain. Bisa dibilang film ini lebih menonjolkan action+komedi ketimbang drama+komedi yang dangkal dalam penceritaan. Saya secara subyektif mengakui film ini tak banyak yang bisa menjadi bahan tertawaan, malah berpikir bagaimana Sam bisa memperbaiki kekacauan yang sudah ia buat.


COURSIER: 2,5/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 2,5/5
ACTION: 3/5
KETAWA: 2,5/5

Note (from imdb.com):
From multicultural Paris to designer Paris, Montmartre to the Champs-Elysées, sleazy sidewalks to high-end galleries... Watch out! Sam the courier is a man on a mission! On his scooter, Sam breaks every rule of the road to make good on the "express delivery" promise of the courier service he works for. But however hard he tries, Sam never gets a bonus from his boss, never beats his slicker colleagues and never gets past his Dad, a cop who books him every time. All Sam has up is Nadia, and she will turn on him if he doesn't show up for her sister's wedding. Trouble is, Sam has one more delivery to make and his day has just gone from bad to worse... Written by The Film Catalogue

1 commentaire:

Anonyme a dit…

geblek bgt si sutradaranya