dimanche 12 juin 2011

Gardiens de l'Ordre


Off Limits

Better injustice than disorder..


Tiga orang polisi yang sedang patroli, Julie (Cécile de France) dan Bastien serta partner baru Simon (Fred Testot), mengecek sebuah apartemen yang dilaporkan memutar musik dengan keras sampai tengah malam. Setelah pintu diketuk, penghuninya tiba-tiba membuka pintu dan menembak mati Bastien. Julie dan Simon langsung bereaksi, dan Julie berhasil membalas dan menembak dua kali orang tersebut. Tergenggam di tangannya dua butir pil narkoba berwarna kuning berpendar.


Ternyata yang ditembak adalah anak seorang senator, dan kedua orang polisi tsb (dipaksa) harus menandatangani pernyataan yang seolah-olah terjadi ketidaksengajaan atau kecelakaan. Celakanya anak senator tsb bangun dari komanya, dan berniat menuntut apa yang disebut "police brutality". Gilbert (Stéphan Wojtowicz), atasannya langsung, memberikan solusi agar mereka berdua membuktikan bahwa si anak ini memang menggunakan pil narkoba kuning dan diminta mencari supplier-nya. Julie dan Simon tanpa pilihan lain mencoba 'turun ke jalan' untuk melacak sumber pengedarnya ke tempat nightclub dan bertindak sedikit 'di luar hukum' demi mendapat informasi. Selangkah demi selangkah mereka membuat kemajuan dan dengan menyamar dari hasil sitaan, dalam pencarian itu mereka bertemu dengan orang kunci bernama Marc (Julien Boisselier)...

Action mungkin tidak terlalu menawan, tapi film ini memang tidak banyak adegan dar-der-dor. Semuanya fokus pada kelihaian Julie dan Simon dalam mengecoh boss-nya serta dalam urusannya dengan gang pengedar narkoba, yang karena selalu berprinsip hati-hati dan rahasia, mereka tidak mudah diperdaya. Mungkin ditambah (sedikit) sentuhan drama seperti hubungan Julie dan Simon, atau interaksi dengan Gilbert atau si Sandrine, rekan sekerjanya. Dari segi cerita juga tidak istimewa, tidak ada kejutan berarti, mudah ditebak dan cenderung klise. Ada yang kurang dari jalinan cerita yang dibuat, tidak ada unsur yang bikin hati thrill, begitu. It's certainly not Cécile's best film, though her acting is not bad at all.


GARDIENS DE L'ORDRE: 3/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 2,5/5
ACTION: 3/5

Note (from imdb.com):
During a routine night patrol, police officer Bastien, his long-term partner Julie and the newcomer cop Simon are called out by a neighbor complaining of the noise in another apartment. Bastien knocks the door and out of the blue, the dweller opens the door and shoots him in the chest. Julie shoots the man who is high on drugs and apprehends a strange fluorescent yellow drug. They soon learn that the man is the son of a politician, and they are forced to sign a statement saying that the shooting was accidental. When the man recovers in the hospital, he sues the police officers and the police department does not support them. However, their chief tells them that they should find the trafficker that sold the drugs to the man. So Julie and Simon go undercover to the underworld of drugs.Written by Claudio Carvalho (Rio de Janeiro, Brazil)

Aucun commentaire: