mardi 16 novembre 2010

La Graine et Le Mulet


The Secret of the Grain
a.k.a Couscous


Film ini adalah kisah Slimane, seorang Perancis keturunan Arab berumur 60-an tahun, dan keluarganya. Setelah keluar dari pekerjaannya di suatu galangan kapal, Slimane berencana membuat restoran di atas kapal boat dengan menu utama-nya "couscous". Slimane sebetulnya juga ada masalah pribadi, ia tinggal bersama 'pacar'-nya seorang pengusaha motel dan cafe, dan meninggalkan istrinya. Namun demikian, hubungan dengan anak-anaknya masih ada dan kadang juga masih menyempatkan diri berkunjung ke rumah sang istri atau ke rumah anak-anaknya.


Hal ini dibungkus dengan kemasan yang menarik sebetulnya dengan pengenalan beberapa karakter anak2 (plus mantu2nya) Slimane yang banyak, karena masing2 menikah tidak selalunya dengan orang keturunan Arab yg masing2 juga punya masalah keluarga sendiri2! Di beberapa kritik menyebutkan perlunya editing khususnya dalam adegan-adegan dialognya yang terasa berlama-lama, di mana memang dapat menggambarkan secara realistis (ketika keluarga besar Slimane makan couscous bersama di rumah sang ibu minus si Slimane) atau cenderung membosankan (ketika orang2 di cafe bergunjing tentang si Slimane atau Slimane sedang mengejar2 pencuri motor).

Dari segi akting, yang menonjol tentu saja adalah Hafsia Herzi yang berperan sebagai Rym, anak dari kekasih Slimane, yang berusaha keras menegakkan harga diri dan mendapatkan respek bagi keluarganya. Satu lagi adalah Karima (Farida Benkhetache), anak Slimane yang paling cerewet dan dalam film terlihat dominan.

Ceritanya sedikit rumit, tapi sedikit demi sedikit masih bisa terurai benang merahnya ketika film sudah separuh jalan. Interaksi Slimane dengan anak-anaknya membantu kita memahami betapa ruwetnya hidup si Slimane ini. Di akhir cerita, the not-so-happy ending mungkin tidak bisa dipahami (tidak harus bisa, sih). Tak terasa film begitu saja berakhir dan tak sadar kita sudah menonton film selama hampir 2 jam, bagi yang menikmati mungkin terasa kurang.


LE GRAIN ET LE MULET: 4/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 4/5
ACTING: 4/5 (big hand for Rym!)


Note (from imdb.com):
At the port of Sète, Mr. Slimani, a tired 60-year-old, drags himself toward a shipyard job that has become more and more difficult to cope with as the years go by. He is a divorced father who forces himself to stay close to his family despite the schisms and tensions that are easily sparked off and that financial difficulties make even more intense. He is going through a delicate period in his life and, recently, everything seems to make him feel useless: a failure. He wants to escape from it all and set up his own restaurant. However, it appears to be an unreachable dream given his meager, irregular salary that is not anywhere near enough to supply what he needs to realize his ambition. But he can still dream and talk about it with his family in particular. A family that gradually gives its support to this project, which comes to symbolize the means to a better life. Thanks to its ingeniousness and hard work, this dream soon becomes a reality...or almost....

Aucun commentaire: