dimanche 7 novembre 2010

Les Aventures Extraordinaires d'Adèle Blanc-Sec


The Extraordinary Adventures of Adèle Blanc-Sec
a.k.a Adèle: The Rise of Mummy



"Kisah Petualangan Adèle Blanc-Sec", adalah judul yang mungkin akan digunakan untuk komiknya dalam bahasa Indonesia. Film ini memang adaptasi dari komik Prancis besutan Jacques Tardi dengan tokoh utamanya Adèle Blanc-Sec (Louise Bourgoin), seorang novelis/wartawan wanita (wartawati dong?), dengan setting jaman awal tahun 1900-an atau sebelum Perang Dunia I. Karakter Adèle adalah wanita dengan pemikiran yang mendahului jamannya, berani, mandiri, siap menerima tantangan, tidak pernah menyerah.


Cerita berawal dari seorang ilmuwan, Profesor Menard, yang bisa menghidupkan binatang purba pterodactyl dengan pikirannya dan ternyata hewan dinosaurus ini cukup menggemparkan kota Paris yang membuat sang Presiden marah besar. Kemudian cerita beralih ketika Adèle berpetualang ke Mesir untuk mencari mumi dokter raja jaman Pharaoh dan harus melewati berbagai rintangan termasuk dari musuhnya, Dieuleveult (Matthieu Amalric). Sedangkan Profesor Menard ditangkap polisi karena menjadi otak dibalik hidupnya pterodactyl, padahal Profesor Menard lah yang menjadi harapan Adèle dalam menghidupkan kembali sang mumi, untuk bisa menyelamatkan nyawa adiknya, Agathe. Dan mulailah Adèle menuntaskan misi demi nyawa Agathe.

Dari segi cerita memang tergolong ringan dengan unsur komedi yang cukup lumayan menghibur. Ide-ide gila sang profesor memang tidak perlu dipikirkan secara serius. Dengan alur cerita yang sangat sederhana, penonton dapat mengikuti ritme yang sangat mudah dipahami. Selain kostum dan setting yang oke, si aktris pemeran Adèle, Louise Bourgoin, juga sangat OKE! Tampilan CGI-nya cukup memadai dan perlu diacungi jempol usaha untuk me-makeup Louise menjadi berbagai karakter--adegan2 dimana Adèle berupaya menyelamatkan Prof Menard dari penjara. Akhir dari film tampaknya menjadi hint bahwa akan ada petualangan Louise Bourgoin .. eh, Adèle Blanc-Sec yang baru. Semoga.


LES AVENTURES EXTRAORDINAIRES D'ADÈLE BLANC-SEC: 3,5/5
GAMBAR: 4/5
CERITA: 3,5/5
ACTION: 3,5/5

Note (from wikipedia.org):
The film takes place before The Great War in Paris 1912. A 136 million year old pterodactyl egg within the museum of natural history hatches and wreaks havoc on the citizens of Paris, and it's up to Adèle Blanc-Sec to investigate and stop it. Adele has been on a quest to find the Pharaoh's doctor in Egypt to save her little twin sister, Agathe who landed on an unfortunate incident while playing tennis with her.

Aucun commentaire: