dimanche 14 novembre 2010

Welcome


Welcome

Bilal (Firat Ayverdi), adalah seorang remaja asal dari Kurdi yang hendak ingin menyebrang ke Inggris dari Perancis. Tujuan utamanya adalah menemui sang kekasih yang sudah tinggal di London bersama keluarganya, serta menggapai mimpinya untuk menjadi pemain sepakbola profesional di Inggris layaknya Ronaldo atau Wayne Rooney dari Manchester United. Upaya pertamanya untuk menyeberang dengan menumpang truk besar gagal karena ketahuan pihak cukai dan imigrasi di perbatasan Prancis.


Terdampar di daerah Calais, sebagai titik terdekat antara Prancis dan Inggris, Bilal ingin mencoba menyeberangi Pas de Calais/Selat Dover dengan berenang! Bilal bertemu dengan Simot Calmat (Vincent Lindon), seorang pelatih renang di kolam renang setempat, yang kemudian dimintanya untuk memberikan les renang. Simon sendiri juga sedang dirundung masalah karena perceraiannya dengan Marion (Audrey Dana), yang merupakan aktivis pembela hak-hak migran.

Film dengan nafas humanisme, menggambarkan pahitnya hidup pencari suaka dan imigran yang terkatung-katung hendak mencari penghidupan yang lebih baik. Lebih getir lagi kehadiran mereka tidak disukai dan otoritas setempat sangat ketat dalam memantau pergerakan mereka, termasuk juga dalam menegakkan peraturan yang mana orang lokal dilarang membantu para imigran gelap tsb. Bagaimanapun juga semangat Bilal tetap menyala, sampai2 si Simon pun mendukung tekad si Bilal untuk mencari cintanya. Sekedar untuk membandingkan perbedaan ttg sifat pasifnya dalam perceraiannya dengan Marion, Simon mengatakan kepada Marion (my favourite lines): You know why he wants to cross the Channel? To be with his girl. I couldn't even cross the road to get you back!.


WELCOME: 3,5/5

GAMBAR: 3/5
CERITA: 3,5/5
ACTING: 3/5

Note (from imdb.com):
Bilal is 17 years old, a Kurdish boy from Iraq. He sets off on an adventure-filled journey across Europe. He wants to get to England to see his love who lives there. Bilal finally reaches Calais, but how do you cover 32 kilometers of the English Channel when you can't swim? The boy soon discovers that his trip won't be as easy as he imagined... The community of struggling illegal aliens in Calais is captured with authenticity, from the point of view of people who arrived there knowing nothing about France. This immigrant drama, with wonderful performances by the actors, is a strong story which uses documentary austerity and minimalist style to create a great emotional impact.

Aucun commentaire: