samedi 7 mai 2011

Il Reste du Jambon?


Bacon on the Side


Film komedi yang menarik, kisah cinta dua lawan jenis dengan latar belakang budaya berbeda. Justine (Anne Marivin, main di film Bienvenue Chez Les Ch'tis) adalah seorang reporter tivi yang manis. Ketika sedang membuat liputan tentang makanan anjing, ia harus dibawa ke UGD rumah sakit (don't ask me why, it's funny.). Di rumah sakit tsb, ia bertemu dengan Djalil (Ramzy Bedia), seorang dokter keturunan Arab yang merawatnya. Djalil ternyata naksir Justine, dan tambah lagi Justine dirawat lagi oleh Djalil di UGD dengan alasan yang sama (it's so hillarious hahaha..).

Justine yang baru putus dari pacarnya akhirnya menerima ajakan kencan Djalil. Dan mulai lah timbul persoalan budaya dan agama di antara mereka. Orang tua Justine memang keberatan pada awalnya, sedangkan orang tua Djalil juga memandang rendah Justine. Di antara mereka berdua juga muncul semacam diskursus tentang agama (baca: Islam): puasa di bulan Ramadan, halal haram, daging babi, hewan korban dsb dan perlakuan diskriminatif yang dialami oleh para keturunan Arab di Perancis, plus pernak-pernik rona kehidupan imigran. Dan seperti di semua kisah cinta, mereka harus melewati berbagai penyesuaian dan berbagai rintangan sebelum sampai di titik mereka menyadari that they are meant to be together :)


Gak jelek-jelek amat sih. Awal film memang banyak sisi kelucuannya, baru kemudian sisi yang lebih serius (drama maksudnya) yang ditonjolkan. Memang menarik apabila ditinjau dari realita para imigran Arab di Perancis, mereka sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kota di Perancis dewasa ini, dan tampaknya cerita cinta (dan perkawinan) campuran seperti ini akan semakin menjamur. Film ini saya lebih artikan sebagai dialog bagi dua komunitas yang hidup dalam satu wadah: harus lebih banyak understanding dan toleransi antara satu dengan yang lain untuk terciptanya satu harmoni.


IL RESTE DU JAMBON?: 3/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 3/5
ACTING: 2,5/5
KETAWA: 2,5/5 ('mayan lah)


Note (from Festival Sinema Perancis 2011):
When Justine Lacroix, a charming television journalist, encounters a charming ER surgeon, it's the beginning of a wonderful story. They quickly become inseparable, but there is just a little detain Justine has forgotten to take into account: the man she love is... Arab. A mere detail for Justine and Djalil but not for their respective families...

Aucun commentaire: