jeudi 16 septembre 2010

Auf Der Anderen Seite


The Edge of Heaven a.k.a. "on the other side"


Saya mendapat pengetahuan baru ttg satu kosakata dalam bahasa Jerman, "Tot" yang berarti mati (hampir sama bunyinya dengan dead dalam bahasa Inggris ). Dua dari tiga segmen dalam film ini berkaitan dengan 'tot' (baca: kematian), yang bakal merubah jalan hidup orang-orang di sekitarnya. Penulis skenario/sutradara Fatih Akin membawa elemen etnik Turki/Kurdi (ingat film Head-on, tak?) dengan tokoh utamanya Nejat (Baki Davrak) dan Ayten (Nürgul Yesilçay). Di dalam film, keduanya tidak pernah mengenal, tetapi sesungguhnya punya kaitan yang sangat erat.


"Tot" yang pertama membawa Nejat, seorang profesor bahasa Jerman di Hamburg, ke Istanbul untuk mencari Ayten (don't ask me why), yang akhirnya malah membuka bisnis toko buku. "Tot" yang kedua berawal dari kepergian Ayten ke Jerman (selain lari dari aktivitas politiknya di Turki) untuk mencari ibunya yang ia tahu berjualan sepatu, yg berakhir naas bagi temannya.

Saya pun kagum dengan jalan cerita yang sedemikian kompleks, namun sebetulnya semuanya saling berhubungan. Dan cara sang sutradara menggambarkan emosi dan realitas kehidupan terlihat nyata (ex. prostitusi, aktivis pro-Kurdi, penjara dsb.), cukup menambah wawasan berpikir bagaimana orang2 sono (baca: Turki) bertahan hidup.

AUF DER ANDEREN SEITE: 4/5
GAMBAR: 4/5
CERITA: 4,5/5
ACTING: 3,5/5

Note (from imdb.com):
Nejat seems disapproving about his widower father Ali's choice of prostitute Yeter for a live-in girlfriend. But he grows fond of her when he discovers she sends money home to Turkey for her daughter's university studies. Yeter's sudden death distances father and son. Nejat travels to Istanbul to search for Yeter's daughter Ayten. Political activist Ayten has fled the Turkish police and is already in Germany. She is befriended by a young woman, Lotte, who invites rebellious Ayten to stay in her home, a gesture not particularly pleasing to her conservative mother Susanne. When Ayten is arrested and her asylum plea is denied, she is deported and imprisoned in Turkey. Lotte travels to Turkey,where she gets caught up in the seemingly hopeless situation of freeing Ayten. Written by omayra73@yahoo.com

Aucun commentaire: