mardi 14 septembre 2010

La Doublure


The Valet


Saya ingat menonton film Gad Elmaleh, Hors de Prix/Priceless, sebagai orang lugu dan dipermainkan oleh cinta. Nah memang nasib si Elmaleh ini, seorang keturunan Yahudi Maroko, di film ini mendapatkan peran yang agak2 mirip.

François (Elmaleh) adalah seorang "parking valet" di restoran ternama dekat menara Eiffel. Masih bujangan, dia berharap bisa menikah dengan Émilie (Virginie Ledoyen..slurrppp). Tidak disangka-sangka suatu hari ketika ia sedang berjalan kaki, di dekat seorang milyuner Levasseur (Daniel Auteuil) dan kekasih gelapnya Elena (Alice Tagiloni..ini lebih slurrppp), ada paparazzi yang mengabadikan mereka dalam foto.


Tak pelak hal ini menjadi hot issue yang mengundang kemarahan sang istri milyuner (Kristin Scott Thomas), sang milyuner menyangkal dengan menjawab bahwa yang ada dalam foto adalah pasangan François dan Elena. Levasseur hanya ingin menghindari pembayaran jatah harta gono-gini yang besar kepada istrinya, dan dibayarlah François untuk berpura-pura menjadi kekasih Elena plus tinggal satu rumah! Dan itulah awal mula kekacauan....

Suatu komedi yang ringan, so jangan harap anda bisa tertawa terbahak-bahak. Saya sendiri tidak terlalu puas dan mengharapkan sesuatu lebih karena ide cerita sudah perfect sekali. Sayang tampilannya agak kedodoran. Mungkin yang diharapkan oleh sutradara & penulis cerita adalah bagaimana kita bisa menyikapi hubungan antara uang dan cinta, mana yang kita pilih. Atau lebih baik memilih menjadi seperti pengacara Levasseur, yang bersikap pragmatis dan netral, because he'd surely get some profit whether his client wins or loses.

Moral of the story is... uang tidak bisa membeli cinta, dan cinta tidak bisa menghasilkan uang (lho?).

LA DOUBLURE: 2,5/5
GAMBAR: 2,5/5
CERITA: 3/5
KETAWA: 2,5/5

Aucun commentaire: