lundi 11 octobre 2010

L'Armée du Crime


The Army of Crime

Des Libérateurs? La libération par l'armee du crime.


Film yang menggambarkan sejarah dari kelompok pejuang perlawanan Missak Manouchian pada saat pendudukan Nazi Jerman di Prancis sekitar tahun 1943-44.
Missak Manouchian adalah seorang pengasingan asal Armenia, tergabung dalam pejuang perlawanan Francs-Tireurs Partisans yang beraliran komunis dan mendirikan sub-kelompok pejuang perlawanan sendiri, yang terdiri dari kalangan pengasingan, para pengungsi dan orang-orang non-Prancis lain. Sukses meneror tentara Jerman di kawasan Paris dan menghabisi Jendral Julius Ritter, kelompok ini akhirnya dapat dilacak dan ditangkap. Mereka yang tertangkap akhirnya dieksekusi pada bulan Februari 1944. Baca referensi di Wikipedia tentang Missak Manouchian, dan Affiche Rouge untuk tambahan info.


L'ARMÉE DU CRIME: 3/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 3/5
ACTION: 3,5/5

Note (from imdb.com):
The poet Missak Manouchian leads a mixed bag of youngsters and immigrants in a clandestine battle against the Nazi occupation. Twenty-two men and one woman fighting for an ideal and for freedom. News of their daring attacks, including the assassination of an SS general, eventually reaches Berlin.

Aucun commentaire: