lundi 4 octobre 2010

Un Secret


A Secret


Film bertemakan Yahudi-Prancis ternyata lumayan banyak juga ya.. François mengenang masa kecilnya bersama orang tuanya, Maxime (Patrick Bruel) dan Tania (Cecile de France), di tahun '50-an, yang mana ia merasa anak yang tidak diinginkan oleh ayahnya. Sang ayah, seorang yang gemar berolahraga senam gimnastik, dan ibunya berolahraga renang, sedangkan ia bukanlah tipe dengan kemampuan jasmaniah mumpuni.


François mendapat perhatian lebih dari sang tante, Louise, yang tinggal tak berjauhan. Selain mendapat kenyamanan dari Louise, sedikit demi sedikit rahasia keluarganya dibeberkan kepadanya. Pertanyaan François pun terjawab kenapa dia berimaginasi mempunyai seorang kakak, kenapa sang ayah sepertinya tidak menyukainya, kenapa mainan anak2 lama yang ia temukan membuat orangtuanya sedih dsb dsb. Dan flashback demi flashback pun mengalir, tanpa membuat tersesat, penonton masih bisa mengikuti cerita awal bagaimana Maxime dan Tania bertemu, dan bagaimana hidup mereka dihancurkan oleh pendudukan Nazi Jerman di masa Perang Dunia ke-2.

Kalo kita liat di poster film di atas, wanita di background tsb adalah Ludivine Sagnier yang memerankan Hannah, dan menjadi mata rantai yang hilang untuk menghubungkan masa lalu dan masa sekarang yang ingin diketahui François, sekaligus mengikat Maxime dan Tania menjadi satu. Mengharukan memang. Katanya, cerita ini diambil dari novel yang diilhami dari kisah nyata.


UN SECRET: 3,5/5
GAMBAR: 3,5/5
CERITA: 4/5
ACTING: 3,5/5

Note (from flixster.com):
Adapted from Philippe Grimbert's bestselling novel, "A Secret" is a story of passion and guilt in troubled times, which unfolds as a young teenager uncovers the truth about his parents' past. He finds out that before the war, his father Maxime was married to Hannah when he fell madly in love with his mother Tania. As a young Jewish couple living in Nazi-occupied France, Maxime and Tania had to make difficult choices to survive the war and the Holocaust.

Aucun commentaire: