mercredi 6 octobre 2010

Les Poupées Russes


Russian Dolls

..5 years after


Meneruskan kisah dari film L'Auberge Espagnole, sekarang Xavier (Romain Duris) telah mewujudkan mimpinya menjadi seorang penulis walaupun sebetulnya yang ia tulis adalah skenario serial drama opera sabun di TV. Terkadang menjadi jurnalis atau penulis bayangan (ghost writer). Dengan pekerjaan seperti itu, kehidupan Xavier belum cukup mapan.

Xavier bertemu lagi dengan Wendy (Kelly Reilly) serta kakaknya William (Kevin Bishop) yang ia kenal di sekuel pertama. Dengan Wendy, ia berkolaborasi menulis script drama tivi, dan dengan William, ia diundang untuk hadir di acara pernikahannya dengan seorang ballerina asal Rusia, di Rusia tentunya. Xavier juga harus membagi waktu untuk menjadi penulis bayangan untuk biografi Ceila, seorang model terkenal. Kekasihnya yang dulu Martine (Audrey Tautou), masih mempunyai perasaan thd Xavier dan masih membina pertemanan. Di antaranya kesibukannya, Xavier masih mencari-cari tambatan hati yang tepat. So, siapa yang akan ia pilih?


Menurut saya film ini lebih memberikan nuansa lain dari yang L'Auberge. Kalau yang pertama bercerita tentang pertemuan antar kultur, yang kedua ini lebih menitikberatkan pada cinta. Memang menjadi pertanyaan umum bagi kita yang umurnya mendekati kepala '3', apakah ada yang pasangan yang tepat bagi kita?(bagi yg belum punya) atau apakah pencarian kita masih belum berakhir (bagi yang sudah punya). Dan Xavier setelah mencari-cari kesana kemari, akhirnya menjatuhkan pilihan pada seorang wanita, kecuali sang sutradara Cedric Klapisch memutuskan membuat sequelnya lagi hehehe...

Daripada yang pertama, film ini lebih enak dinikmati. Pencarian cinta memang menjadi tema film yang umum, tetapi dibungkus dengan karakter yang kuat dan cerita yang berbobot, plus setting film di kota-kota romantis macam Paris, London dan St. Petersburg, hasilnya luar biasa. Kelly Reilly yang berperan sebagai Wendy tampil sangat berbeda daripada film pertama, lebih cantik dan seksi. Satu lagi adalah soundtrack dengan judul "Mysteries" yang terdengar di penghujung film sepertinya melengkapi suasana romantis Xavier dan Wendy.


LES POUPÉES RUSSES: 3,5/5
GAMBAR: 4/5
CERITA: 3,5/5
ACTING: 3,5/5
KETAWA: 3/5

Note (from imdb.com):
Xavier is now thirty. No longer a student, he is not yet a well-balanced, fulfilled adult either. His career is unsatisfying: Far from being the renowned novelist he aimed to be he must be content with little jobs such as reporter or ghost writer. His greatest "achievement" in "literature" is his collaboration to the script of a corny TV soap! His sentimental life is not much better, rhythmed by one night stands and unfinished romances. It looks as if when he seduces a woman beautiful outside and inside such as Kassia or Wendy he can't keep them. Will he ever bring his life into focus? Written by Guy Bellinger

Aucun commentaire: