jeudi 7 octobre 2010

A L'Origine


In The Beginning


Philippe Miller (François Cluzet) adalah penipu ulung dan spesialisasinya adalah dalam memanfaatkan nama perusahaan konstruksi besar untuk meminjam peralatan kebutuhan konstruksi yang kemudian ia jual untuk keuntungan pribadi. Bersenjatakan katalog produk dan handphone sebagai informasi, Philippe bisa menipu siapa saja dan mendapatkan barang dengan mudah.


Ketika tiba di suatu kota kecil, penduduk setempat mengira ia adalah wakil dari perusahaan kontraktor yang akan meneruskan proyek pembuatan jalan yang sempat terhenti. Penghentian proyek tersebut beberapa tahun lalu akibat dampak lingkungan sehingga' menimbulkan resesi bagi kota kecil tsb. Dan perusahaan2 dari wilayah setempat mulai menemuinya agar mereka bisa mendapatkan bagian (menjadi supplier) dan mengiming-imingi Philippe dengan uang sogokan. Semakin lama ia tinggal di sana, semakin banyak pula pihak yang terlibat dan menawarkan dukungan terhadap Philippe, termasuk dari sang walikota, Stéphane (Emmanuelle Devos).

Merasa tertantang oleh tawaran dari dewan kota setempat, Philippe yang memakai nama Paul untuk mengelabuhi, mau menjadi pemborong dalam proyek tersebut. Dengan berpura-pura menggunakan perusahaannya sendiri (yang palsu juga), Philippe mulai mengontak supplier2 di sekitar kawasan untuk menyediakan peralatan serta bahan bangunan dsb. Banyak ketidakpercayaan yang muncul pada awalnya, namun semua bisa diatasi oleh Philippe/Paul. Tagihan-tagihan yang belum terbayar dapat diselesaikan melalui kerjasama dengan pihak bank (dengan cara menipu juga). Namun semakin lama, keinginannya semakin besar untuk menyelesaikan proyek tsb, dan entah angin apa yang menjadikannya sangat terobsesi, uang hasil penipuannya pun dihabiskan agar proyek selesai sebelum deadline. Ia pun tahu walaupun proyeknya jadi, hal itu tidak akan menyelamatkan dirinya karena kebusukannya sudah tercium oleh banyak pihak.

Separuh pertama memang terlihat biasa-biasa saja, paruh kedua baru menarik dan terasa menegangkan. Penonton pun pasti akan bertanya-tanya sampai kapan kejahatan Philippe terbongkar dan akankah Philippe sukses merampungkan proyek tsb. Di awal sudah diinfokan bahwa film ini diilhami dari kisah nyata, dan di akhir cerita [SPOILER] kualitas pengerjaan proyeknya dibilang sama dengan standar yang ditetapkan departemen pekerjaan umum. Wow..


A L'ORIGINE: 3,5/5
GAMBAR: 3/5
CERITA: 3,5/5
ACTING: 3,5/5

Note (from imdb.com):
France, present day. A professional conman passes himself off as the boss of a construction site building a highway extension. He cons the whole region, hires dozens of workers and cynically enjoys the profits of his scam until he meets the lady mayor of a small village that the road will go through. She intrigues and unsettles him, before revealing to him a world he never knew: feelings. How far will he go now to save his victims and save himself from his own lies? Written by The Film Catalogue

Aucun commentaire: