mardi 25 septembre 2007

OSS 117: Le Caire Nid d'Espions


Bukan bermaksud meng-copy James Bond si agen 007 , OSS 117: Le Caire nid d'espions lebih condong ke film ttg spy ala Austin Powers, yang konyol dan parodi. Cari-cari info di internet, OSS 117 adalah serial film seperti 007, yang beredar di Prancis circa '60-an. Sedangkan versi sekarang adalah spoof dari film lama tsb. walopun parodi, unsur action-nya ga kalah seru kok..

Tahun 1945 :OSS 117 (cent dix-sept? diperankan Jean Dujardin), berhasil menyelesaikan misi spionasenya di Nazi Jerman.

Setting beralih ke tahun 1955, 117 ditugaskan ke Kairo untuk menyelidiki agen Jack (yg jg ex-partner), yang hilang secara misterius, ketika menyelidiki hilangnya kapal kargo Rusia yang berisi senjata di Terusan Suez. Jack di Mesir menyamar jadi businessman yang punya perusahaan dagang ayam di Kairo. So, 117 datang ke Kairo berpura-pura jadi partner dagang Jack, dan di sana ia dibantu oleh sekretaris Jack, Larmina (Berenice Bejo, cantik loh!).

Kairo juga menyimpan keruwetan tersendiri bagi 117, seperti Princess Altarouk yang ingin membalas dendam kpd OSS, demikian pula neo-Nazi yang dikalahkan 117 ketika misi di Jerman. Selain itu ada kelompok arab nasionalis, mata-mata Rusia, pria misterius dan orang yang selalu mengawasi gerak-gerik 117.

Film ini kental nuansa old-fashion layaknya film Bond tahun 60-an, seakan-akan kita menonton film lama. 117 himself in a way resembles Sean Connery (ya gak?). Selain itu, merujuk pada sejarah pada tahun2 tsb Mesir memang sedang panas2-nya dalam nasionalisme Arab dan ia berada di tengah pengaruh antara AS dan Soviet.

Satu lagi, 117 ini blo'on banget dan bisa juga dibilang 'angkuh' dan cuek (ignorant). Sepertinya sih 117 'agak2' melecehkan agama Islam, seperti pada adegan ketika muazin mengumandangkan azan, 117 merasa terganggu dan pergi ke tower mesjid utk menghentikan sang muazin. Bukan itu saja sih, 117 juga berkesan merendahkan budaya arab (baca: Timur), tapi tenang..hal ini tidak bermuatan politis kok. Sejatinya sih itu hanya menggambarkan keblo'onan 117 (baca review lain di sini) dan menjadikan 117 bukan sosok superhero yang unggul dalam segala hal.

Ah sudahlah..saya sudah sangat terhibur dengan adegan perkelahian antara Princess Altarouk dan Larmina di akhir cerita. ;) bonus nih!
Note: di akhir cerita ada hint mengenai sekuel film ini. disebutin sih tugas 117 berikutnya (kalo ga salah):IRAN!

OSS 117: LE CAIRE NID D'ESPIONS: $$$
GAMBAR: $$$
CERITA: $$$$
KETAWA: $$$
ACTION: $$$

Aucun commentaire: